;

Thursday, October 18, 2012

Belajar Baca Not Balok

Thursday, October 18, 2012

Setelah postingan postingan sebelumnya yang bertemakan Perminyakan, Kali ini saya akan coba mengulas hal yang berbeda. Untuk sekedar hiburan dan bagi bagi mengenai teknik bermain gitar bagi pemula, pada umumnya kita bermain gitar hanya sekedar tahu bagai mana bermain dan mengenal acord gitar, akan tetapi untuk membaca not balok rata rata kurang memahami, baiklah sekedar sharing saya akan bahas postingan kali ini tentang Belajar Not Balok. dan untuk tahap pertama ayo ambil gitar dan siap siap kita masuk pada posisi I

Posisi I

Tulisan ini ditujukan untuk yang belum bisa baca not balok pada gitar sama sekali. Mulai dengan mengenal not pada senar 1, 2 dst. Karena harga nada selalu jadi masalah tersendiri bagi mereka yang mulai baca not, maka not-not yang digunakan nilainya 1 ketuk semua (kecuali not terakhir). Dengan begini konsen kita bisa dimenghafalkan letak nada tanpa diganggu harga nada. Catatan: Berhubung nada-nadanya masih terbatas, maka bunyinya rada-rada ‘ga jelas’ atau mungkin ‘seperti lagu anak-anak’. Jadi harus sabar-sabar dulu... Tanda-tanda yang umum dipakai
Jari kiri

1 jari telunjuk
2 jari tengah
3 jari manis
4 jari kelingking


Jari kanan

p   = Jempol
i    = jari telunjuk
m = jari tengah
a  = jari manis

Angka dalam lingkaran menunjukan senar Anjuran: Nada-nada dibunyikan dengan jari kanan yang bergantian. Alasan utamanya untuk distribusi tenaga saja, supaya jari tidak cepat cape selain untuk kecepatan. Paling umum digunakan jari i dan m. Alasannya, jari i dan m dianggap jari yang paling kuat. Sudah tentu ada kombinasi-kombinasi lain yang dapat digunakan seperti m-a, i-a, i-m-a, a-m-i dsb.
Nada F bisa ditekan menggunakan jari 1 dan G menggunakan jari 3
Sudah hafal? Main not-not di bawah ini. Semuanya hanya menggunakan E, F dan G di senar satu. Latih dengan ketukan yang konstan, lebih baik lagi kalau kaki sambil membuat ketukan yang konstan. Sambil mengetuk,sambil membunyikan not-notnya.



Nada pada senar 2


 Hafalkan 5 menit, lalu mainkan latihan di bawah ini yang hanya menggunakan not-not pada senar dua semua.




Sekarang mainkan not-not di bawah ini yang merupakan gabungan senar satu dan senar dua. Biasanya jadi rada-rada bingung; karena itu bagus juga kalau dieja dulu not-notnya sampai selesai tanpa dimainkan, setelah itu baru dimainkan.


Tiga nada open string untuk senar 4-5-6 Sekarang kita hafalkan dulu tiga not untuk nada-nada open string senar empat, lima dan enam yang difungsikan sebagai bas. Senar empat, lima dan enam ini dimainkan dengan menggunakan jari p (jempol).

Langsung saja pada latihan berikut yang menggunakan senar satu, dua dan ditambah tiga nada bas ini

.
Nada pada senar 3


Latihan berikut sebenarnya sebagian atau potongan dari lagu Promenade karya Carulli yang sedikit ‘dipermak’ , saya sesuaikan dengan materi yang sudah kita pelajari. Semua nada-nada yang digunakan semuanya sudah kita pelajari di atas


perhatikan di dekat akhir lagu ada tanda asing (ada tanda panahnya). Ini disebut tanda kres (#), fungsinya menaikkan not ½ laras atau ½ tone. Seperti kita ketahui jarak antara posisi pada fingerboard itu ½ laras. Misalnya posisi I ke posisi II berjarak ½ laras, demikian juga posisi II ke posisi III, dst. Nama not yang dinaikkan ½ diberi akhiran –is. Misalnya F dinaikkan ½ menjadi F kres atau disebut juga Fis. Contoh:


Latihan :
  1. Tunjukan dimana nada Gis (g#/g kres) pada senar 1.
  2. Tunjukan dimana nada Dis pada senar 2.
  3. Tunjukan dimana nada Ais pada senar 1.
  4. Tunjukan dimana nada Cis pada senar 2.
  5. Tunjukan dimana nada Ais pada senar 3. 

Mulai senar 4, 5, dan juga 6 biasanya dapat dimainkan dengan menggunakan jempol saja.Sekarang latihlah notasi di bawah ini yang hanya menggunakan senar 4. 



Latihan berikut ini hampir semuanya menggunakan model petikan jari tangan kanan dengan pola yang sama, kecuali baris ke 3 birama terakhir, dan baris terakhir. Model petikannya begini :
Jempol
(senar 4)
Telunjuk
(senar 3)
Tengah
(senar 2)
Manis
(senar 1)





Nada pada senar 5


Latihan nada-nada yang hanya terletak pada senar 5




Nada-nada pada senar 6

Latihan nada-nada berikut ini. Nada-nada ini hanya menggunakan senar 5 dan 6.




Hingga disini kita sudah mempelajari senar 1 sampai dengan senar 6 pada posisi I yang melingkupi area fret 1-4. Ini nada-nada yang kita sudah pelajari. 





Sebagai penutup, berikut ini bagian dari “Asturias” ,sebuah lagu dari Albeniz yang saya buat dalam versi mudah. Selamat menghafal letak nada...





Keterangan:

Tanda titik-dua artinya diulang.
Contoh :





SONG WRITING TIPS

Riff
Sebuah riff bisa berupa simpel motif(ide yg berulang-ulang) dari sebuah nada, kumpulan akord, atau bahkan kombinasi dari keduanya.
Beberapa hal yg perlu diperhatikan, ketika menulis Riff yaitu: 
  • Jangan pernah beranggapan bahwa riff atau ide lagu kita terlalu simpel. Ini adalah mind set yang 9*#@, sebab kita terlalu mudah untuk berhenti dan tidak puas ketimbang melihat hasil akhir dari ide tersebut. You'll never know dude! 
  • Coba deh gunain Riff kita sebagai motif utama, lalu dengan perlahan kita tambahin bermacam bentuk bagian di sekelilingnya.Jadi keutuhan ide kita cukup terjaga :. Ya mirip melukis lah, tambah bagian bagian tertentu lalu dipermanis dengan warna, nah itu ngasih karakter tuh ..hihi 
  • Bisa iseng-iseng dengan mencoba berbagai tempo signature pada riff kita (4/4,5/4,etc). Ya biar agak variasi aja dan kadang malah jadi unik pas didengerin, nambah kacau gitu deh tapi COOL!
  • Ada cara lain..hmm..coba deh harmonisasikan Riff yang kita mainin dengan instrument yang lain, ntar bikin susana baru deh. Dengan kata popular kita mainin slash akord..contohnya:

Gitar main akord D major ( D F# A ) 
Bass main F# (not F#)
Naah …jadinya tuh lebih luebar suaranya, padahal aslinya akord D major aja, Cuma gara gara si F# …kan jadinya balikan pertama dari akord D…hihi..pokoknya selama masih di trinadanya Akord tersebut, maka masih masuk aja kok soundnya…coba ntar mainin bassnya di A..pasti masih ok aja .. 
  • Riff ini lengket banget ama yang namanya Pola Ritmik, bukan Time Siganture ya..ini beda…Lebih ke gruping notnya dengan nilai-nilainya yg beraneka ragam..jadi walau mainin Time Siganure 4/4 tapi kalo mainin pola ritmiknya beda, kadang bikin kita sedikit "seger" alias gak klise ..hehe…
Contoh: 4/4 = 1/4 + 2/8 + 4/16 + 3/8 …kan enak nih terus terapin progresi akordnya..kan Tambah muanteep…
  • Lalu coba juga mainin Riff kita dengan clean setting, kemudian pindah ke distorsi untuk ngedapetin intensitas dari perkembangan progresinya maupun dinamiknya..ini penting nih, jgn babat kenceng trus…coba deh ditengah-tengah progresi kasih clean…otomatis suasana yang meledak-ledak bisa diredam, dan akhirnya orang yang denger tersita deh ama perubahan suasana tersebut..it's always work I guess..bahkan band metal aja masih perlu clean kok .huhuhu….
  • Riff juga jangan disitu-situ aja mainnya ,misalkan kita pindah ke akord lain kan suasananya beda tuh, atau bisa juga pindah oktaf dll..jadi berasa gak monoton man!
Terkadang ketika membuat Riff, kita kesulitan menemukan jembatan yang pas untuk Riff selanjutnya atau Ide lainnya. Ya kita harus pinter-pinter menjembatani ide2 tersebut.. Ya mudahnya , usahakan masih dalam akord dan yang sama, tapi ini gak selalu kok.. Yang paling penting walaupun kita mainin Riff, kita harus tetep mikirin enak dikuping si pendengar juga..



TIME SIGNATUR


Ini kemungkinan salah satu alat yang penting buat variasi dalam membuat Ide lagu jadi sesuatu yg sangat Unik dan Beda!. Jika di renungin sejenak, mungkin 98% dari musik Popular didunia mainnya dalam 4/4. Jadi jangan bingung kadang Ide kita jadi mirip lagu org lain krena ya itu tadi kemungkinannya sangat besar, yah jadi standard. TAPI jangan langsung berasumsi kalo 4/4 itu gak asik ..: hehe, kan udah diterima orang soalnya..
Tapi pokok pembicaraan disini gimana kita jadi kreatif dan beda.. Banyak cara kok bikin musik kita kedengeran beda dan fresh. Dan sesuatu yang Cool gak harus rumit ataupun susah dipahami. 


Berikut ini adalah beberapa cara bikin musik kita "agak" menggelitik..hihi..yuk diliat:

  • Tambahin sesuatu pada Riff dengan memperlama temanya
Gampangnya, coba deh strumming/ genjreng misalkan akord C sebanyak 4 kali dan lalu genjreng akord selanjutnya sebanyak 5 kali..dst..


Contoh :

4/4 | C / / / | Am / / / | Em / / / | dst.
5/4 | C / / / / | Am / / / / | Em / / / / | dst.


Ini juga sama penerapannya kalo mainin Riff..secara mudah tambahin aja beberapa Not tambahin di Riff..sehingga bisa sesuai dengan biramanya, missal 5/4, 7/8, 6/4, hmm…

Gitu deh….
  • Eliminate not dari Riff
Kadang space kosong di Riff bikin musik kita lebih berkesan "bernapas". Jadi usahain buat Riff jangan terlalu rapet juga, ya sedikit ada ruang lah. Hmm…leganya….
Misalkan..seseorang bisa bikin Riff trademarknya sendiri tiap ketukan ke terakhir sari bar,dia selalu sisakan untuk rest dan gak mainin apa2..


4/4 | 1 2 3 * | 1 2 3 * | etc

4/4 | * 2 3 4 | * 2 3 4 | etc


* = rest

  • Don't Think Time Signature
Ini pendekatan yg dah lepas dari pemahaman, disini yang namanya Groove seseorang akan di tes hehe..buat aja Riff yg menurut kamu asik sesuai dengan Idea kamu, tanpa bayangin macem-macem Time Signature, selama gak 'kacau" dan terjaga dengan beat. "Free your Idea", kan kita terkadang tanpa sadar memainkan birama 4/4 dengan otomatis, so experiment aja lah..penting juga kadang break the rule, asal jangan break your guitar : hihi..



EFFECT CHAIN

Effect chain, atau rantai efek, artinya serangkaian efek yang dikombinasikan, sehingga menghasilkan sebuah warna suara.

JENIS JENIS EFEK

Untuk memudahkan, saya coba kategorikan efek efek gitar menjadi 5 bagian:
  1. Bagian Shaping yang meliputi misalnya COMPRESSOR, WAH, PICKUP SIMULATOR, ACOUSTIC SIMULATOR, dll. Tujuan dari bagian ini adalah membentuk karakter awal dari sinyal suara tersebut.
  2. Bagian Drive yang meliputi seperti OVERDRIVE, DISTORTION, FUZZ, dan lain lain. Efek efek ini memotong / merusak sinyal suara, sehingga menjadi ter'distorsi (kotor).
  3. Bagian EQ yang meliputi EQUALIZER. atau terkadang AMP SIMULATOR juga bisa dimasukkan dalam kategori ini. Bagian ini lebih bermain main pada frekwensi sinyal suara.
  4. Bagian Modulation meliputi efek seperti HARMONIZER, FLANGER, PHASER, CHORUS, PITCH BENDER. Efek efek ini memanipulasi entah phase, amplitudo, frekwensi, dans sebagainya.
  5. Bagian Echo adalah DELAY, REVERB.

RANTAI EFEK

Lalu bagaimana urutan efek yang benar dan seharusnya?? mari kita tekankan, bahwa TIDAK ADA YANG BENAR atau YANG SALAH. Perbedaan penempatan urutan posisi efek efek tersebut hanya akan mengubah warna suara, jadi itu semua bergantung pada selera masing masing. Hanya saja, urutan efek yang dianjurkan dan banyak dipakai, adalah sebagai berikut ini :

dari gitar >> SHAPING >> DRIVE >> EQ >> MODULATION >> ECHO 

Misalnya anda mempunyai 2 buah stompbox, DISTORTION dan REVEB. Anda hanya tinggal memilih, mau Distorsi yang terkena reverb? Atau Reverb yang terdistorsi? Keduanya menghasilkan jenis suara yang berbeda, hanya tinggal banyak ber'eksperimen untuk menemukan sound terbaik menurut anda.


SEND & RETURN


Send & return adalah bagian dari amplifier. Biasa disebut juga fx loop, atau juga line in line out, dan sebagainya. Tapi fungsinya sama, yaitu tempat untuk menaruh efek efek anda.

Kapan send & return sebaiknya kita gunakan? Jika anda menggunakan distorsi dari preamp ampli, anda akan membutuhkan send & return. Bedanya dapat dilihat pada gambar berikut ini : 






Jika anda menggunakan distorsi ampli, tapi tidak menggunakan send & return, maka akan seperti gambar pertama, dimana urutan efek menjadi: 
GITAR > COMPRESSOR > WAH > EQ > DELAY > REVERB > DISTORSI (preamp) > POWER AMP > SPEAKER 

Sedangkan jika anda memanfaatkan send & return, urutan akan menjadi sesuai dengan yg "originaly used" :


GITAR > COMPRESSOR > WAH > DISTORSI(preamp) > EQ > DELAY > REVERB > POWER AMP > SPEAKER 


Jadi, SEND gunanya adalah untuk mengirim sinyal dari preamp, menuju ke input efek efek.

RETURN gunananya adalah untuk menerima kembali sinyal tadi, setelah melewati efek efek tersebut.


NB: PREAMP adalah panel dan kenob kenob ampli anda (volume, bass, middle, treble, dll).

NB: POWER AMP ada didalam ampli anda, tidak kelihatan dari luar.


SETUP GITAR

Berikut ini adalah beberapa sentuhan singkat dan sederhana untuk men'setup gitar anda, agar lebih optimal untuk dimainkan, dan menghasilkan tone yang maksimal pula.
SETTING TRUSS ROD

Truss Rod adalah sebilah besi panjang yang ditanam didalam neck gitar, untuk mengatur agak neck gitar tetap pada keadaan lurus, tidak melengkung cembung, ataupun cekung (lihat gambar)



Apabila Neck Cekung, coba untuk lebih mengencangkan truss rod neck anda. Begitu juga sebaliknya, apabila neck cembung, coba untuk lebih mengendurkan truss rod'nya.





SETTING ACTION SENAR & TINGGI BRIDGE

Mensetting action senar, maksudnya mengatur jarak antara senar dengan permukaan kayu pada fretboard neck. Semakin rendah, akan semakin ringan untuk dimainkan. Tapi hati hati, terlalu rendah bisa menyebabkan fretbuzz!

Mengubah action senar berarti juga mengubah tinggi rendah bridge, karena tinggi rendah bridge juga mempengaruhi tinggi rendahnya senar. maka untuk men'set action ini, satu satunya cara adalah melalui bridge. Berikut ini adalah gambar di bagian bridge manakah yang harus diputar putar untuk mengatur tinggi rendahnya (lihat gambar))



SETTING INTONASI
Bagaimana caranya mengetahui gitar anda sudah memiliki intonasi yang baik? cobalah dengans sebuah tuner.  Bunyikan salah satu senar tanpa ditekan (misalkan senar satu yang bernada E), Lalu tekanlah di fret 12 dan bunyikan lagi. Apabila Nada'nya juga tepat E, maka intonasi gitar anda sudah OK!
Tetapi apabila lebih rendah sedikit dari E, maka majukan saddle bridge kearah pickup. Dan apabila lebih tinggi sedikit dari E, maka mundurkan saddle bridge ke lawan arah pickup lakukan juga terhadap semua senar, sampai semuanya memiliki intonasi yang baik.

Apa itu saddle bridge? saddle adalah tempat tumpuan senar di bridge.. (lihat gambar dibawah)

TINGGI PICKUP

Ketinggian pickup juga harus diatur, jangan sampai terlalu dekat dengan senar, jangan juga terlalu jauh. Terlalu jauh dari senar akan menyebabkan gain berkurang. Sedangkan semakin Dekat Pickup dengan senar, semakin hebat gain yang dihasilkan! Tetapi jangan terlalu dekat, bisa menyebabkan senar menyentuh magnet pole pieces dari pickup, dan mengeluarkan suara yang tidak diinginkan. Ketinggian pickup dapat diatur hanya dengan memutar kedua skrup yang ada pada pinggir masing2 pickup.

SETUP FLOYD ROSE

Berikut ini adalah beberapa sentuhan singkat dan sederhana untuk men'setup bridge tremolo gitar anda, atau biasa kita sebut dengan nama salah satu brand'nya adalah floyd rose. agar lebih optimal untuk dimainkan, dan menghasilkan tone yang maksimal pula.
SEKILAS TENTANG FLOYD ROSE

Floyd Rose sebenarnya bukan nama dari tipe bridge ini, floyd rose hanyalah salah satu merek dari model tremolo bridge yang populer ini. Tapi banyak orang kerap menggunakannya karena brand inilah yang paling populer dan banyak dijumpai. Seperti apakah bentuk bridge ini, dapat dilihat pada gambar dibawah ini berikut dengan keterangannya. Perhatikan istilah istilah pada gambar di kiri, karena akan digunakan pada artikel ini.




MENGGANTI SENAR PADA FLOYD ROSE
Bagi anda anda yang mempunyai gitar dengan tremolo bridge seperti ini, dan anda tidak tahu bagaimana cara mengganti senarnya...berbahagialah! karena pasti artikel ini bisa membantu masalah anda!
Ada beberapa metode yang banyak beredar di kalangan gitaris mengenai bagaimana cara mengganti senar yang baik, yang efisien, tapi sekarang akan kita bahas 2 cara saja.

Cara Pertama adalah mengganti senarnya sekaligus. maksudnya adalah melepas semua senarnya terlebih dahulu, lalu baru mengganti'nya dengan senar yang baru. Cara ini cenderung lebih menyulitkan anda pada saat nanti akan men'setem senar baru anda, karena tahu sendiri, floyd rose bandel kalau mau di'setem. Tapi kalau anda mau membersihkan fretboard, atau mengganti pickup, harus melepas semua senar bukan?


Pertama tama, yang harus anda lakukan adalah menyangga floyd rose (lihat gambar A). pada gambar digunakan batere kotak 9v untuk menyangga, anda bisa menggunakan apa saja, pokoknya tujuan tercapai.

Setelah Bridge tersangga sampai menungging seperti itu, senar otomatis akan menjadi sangat kendur. sekarang lepaskan senar tersebut dari bridge dengan membuka "Saddle block clamp screw" menggunakan kunci L (lihat gambar B). setelah senar bisa ditarik lepas, "saddle block" yang kendur itu akan bisa terlepas dan jatuh lalu hilang, karena kecil dan sulit dicari. harap diperhatikan baik baik block kecil hitam ini.

Jangan lupa membuka locking nut (Gambar C) agar senar tidak terkunci lagi. Lalu lepaskan lilitan senar dari tuning machine di headstock. Sekarang senar lama pastinya sudah terlepas semua. Sanggahan bridge jangan dilepas dahulu, biarkan menungging seperti itu.

Sekarang Senar sudah terlepas semua dari neck, anda bisa membersihkan fretboard ataupun fretwire. Bisa dilihat pada Gambar D adalah sederetan besi fret yang sudah bersih mengkilap, tetapi ada satu yang masih kotor. (nggak ada hubungannya sama topik floyd rose nih..hehehe..)

Lalu cara memasang senar yang baru, caranya tidak sama seperti memasang senar pada bridge umumnya. Ball End pada senar (tambatan seperti bola) tidak akan dipakai, jadi dipotong dan dibuang saja.
Catatan tambahan: Floyd Rose Ibanez yang model terbaru tidak perlu memotong ball end ini, lebih canggih!

Senar yang baru ditambatkan dan dijepit pada "saddle block" terlebih dahulu, baru dililitkan pada tuning machine pada headstock. Tidak perlu banyak banyak lilitan, 2-3 lilit cukup.
Dengan posisi bridge yang masih tersanggah menungging, ambil tuner anda, lalu mulai menyetem senar yang baru. Hanya saja, kali ini anda tidak menyetem ke nada standar (E B G D A e), tapi sekitar 2 nada lebih rendah (C G D# A# F c) atau 2,5 nada lebih rendah (B F# D A E b), tergantung feeling anda. Semakin tinggi floyd rose anda menungging, semakin rendahkan seteman anda. (pada gambar A, floyd rose menungging tinggi sekali, apabila anda ingin menggunakan sanggahan yang lebih kecil, sangat diperbolehkan).
Tujuan dari metode ini, agar nanti pada saat sanggahan floyd rose dilepaskan, floyd rose akan turun dan menarik semua senar secara bersamaan menjadi lebih tegang, dan diharapkan mendekati E B G D A e.

Nah..nah..kira kira sampai disini sudah enak bermainnya...ayo diulang ulang terus biar lancar setelah lancar saya akan lanjutkan pembahasan mengenai teknik bermain gitar tahap selanjutnya.....

Semoga membantu....



Anda Telah Membaca artikel Belajar Baca Not Balok, Baca Juga Artikel Berikut

Kang Astrajingga - Thursday, October 18, 2012

8 comments

Kami menyediakan jasa SEWA DAN JUAL Tenda seperti:

*Tenda Roder / Tenda Hanggar / Tenda Dome dengan bahan Tiang alumunium, Dinding dan Atap PVC (PVC atap 850gr Blackout, Pvc dinding 550gr Blackout).

Tenda Roder senidiri biasa di gunakan sebagai:
-Tenda vaksinasi
-Tenda darurat Rumah sakit
-Posko Pengungsian
-Tenda Peresmian
-Tenda Pameran
-Tenda Gudang, dan masih banyak fungsi lainnya

Tenda Roder sendiri memiliki beberapa bentangan yaitu bentangan 10, 15, dan 20. untuk panjangnya sendiri terhitung dari kelipatan 5 (cth: 5, 10, 15, 20 dst)

*Tenda Transparan
Tenda transparan itu memiliki kesan yang elegant karna bisa menampilkan suasana luar tenda dan sinar matahari ataupun binar binar luar tenda di malam hari, Tenda Transparan biasanya digunakan untuk:
-Acara Wedding
-Acara pesta
-Acara pesta malam
-Acara Event dan masih banyak lagi kegunaannya.

*Tenda Kerucut / Tenda Sarnavil
biasanya memiliki kegunaan untuk:
-Bilik desinfektan
-Event outdor
-Posko pengamanan covid
-Posko Polisi sementara
-POsko darurat Rumah Sakit
-Ruangan darurat rumah Sakit dan masih banyak kegunaan lainnya.
Tenda kerucut dapat meutup sempurna untuk menghindari panas matahari langsung ataupun air hujan, untuk ukuran tenda yang biasa di gunakan beberapa macam yaitu 3x3m, 5x5m, dan 10x10m.

untuk Jasa penyewaan sendiri kami dapat melayani untuk daerah JABODETABEK dan sekitarnya

untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kami di:

No.wa : 081977000899 / 081112300319

Alamat: Taman Ubud Cendana 1 No.19 Lippo Village, Tangerang Banten

#TENDARODER #TENDATRANSPARAN #TENDAKERUCUT #TENDASARNAVIL #TENDAVAKSINASI #TENDADARURATRUMAHSAKIT #POSKOPENGUNGSIAN #BILIKDESINFEKTAN #PISKOPENGANAMANANCOVID #RUANGANDARURATRUMAH SAKIT
#TENDAVAKSINASI #TENDARODER #TENDATRANSPARAN #POSKOPENGAMANAN #TENDAKERUCUT #TENDASARNAVIL #TENDASERBAGUNA #TENDADRIVETHRU #TENDAVAKSIN #TENDAPEMAKAMAN


https://www.tendaroderindonesia.com/

https://www.facebook.com/profile.php?id=100055894358161

https://www.instagram.com/juragantendaofficial/

https://wordpress.com/home/juragantendaofficial.wordpress.com

https://twitter.com/IndonesiaRoder

https://sites.google.com/d/1pcx7KorOqbjx0NiYnGFSUG5kOkWyCwi
C/p/1yhTPQJp9thkWKmmxVcD-0m71khRu4_K9/edit

Sekarang mainkan not-not di bawah ini yang merupakan gabungan senar satu dan senar dua. black suit and salwar , suit salwar black , Biasanya jadi rada-rada bingung; karena itu bagus juga kalau dieja dulu not-notnya sampai selesai tanpa dimainkan, setelah itu baru dimainkan.

Anonymous
8:47 AM delete

Coin Casino | Play UK Online Casino | £25 No Deposit
Learn about Coin Casino, UK's No Deposit Bonus for Slots, Roulette, Blackjack งานออนไลน์ & more. We also reveal the latest casino bonuses, 메리트카지노 promotions, and support. 인카지노

TULISAN PESAN KOMENTAR ANDA DISINI