;

Thursday, October 18, 2012

MAJOR SCALE

Thursday, October 18, 2012

Yuk belajar musik hehehe....pada postingan sebelum ini saya ada membahas tentang Belajar Baca Not Balok, tapi kayaknya kurang lengkap kalau belum membahas mayor Scale, Nah sekarang kita liat pembahasan mengenai Mayor Scale.

Secara garis besar, ada 12 nada yang dapat kita gunakan dalam ber'musik. Dan antara setiap nada tersebut mempunyai jarak masing masing yang disebut dengan interval. Berikut ini adalah ke'12 nada tersebut, lengkap dengan interval'nya.

Major Scale
Major scale atau tangga nada mayor yang terdiri dari 7 nada, adalah tangga nada yang paling penting dan wajib diketahui! 7 nada itu selanjutnya akan dinamai dengan 1st, 2nd, 3rd, 4th, 5th, 6th, 7th atau bahasa latinnya DO RE MI FA SOL LA SI

Major scale sendiri mempunyai rumus interval sbb :

. 1 - 1 - ½ - 1 - 1 - 1 - ½

jadi kalau misalkan mau membentuk C major scale, begini caranya nih…
  • 1st (DO) = harus "C" dong, namanya juga mau bikin C major scale
  • 2nd (RE) = nah, lihat rumus interval diatas… 1 - 1 - ½ - 1 - 1 - 1 - ½ . interval pertama adalah 1, jadi nada yang lebih tinggi 1 dari C adalah "D"!.
  • 3rd (MI) = lihat lagi rumus intervalnya. interval kedua adalah 1 lagi, jadi nada yang lebih tinggi 1 dari D adalah "E".
  • 4th (FA) = lihat lagi rumus intervalnya. interval ketiga adalah ½, jadi nada yang lebih tinggi ½ dari E adalah "F".
  • 5th (SOL) = lihat lagi rumus intervalnya. interval keempat adalah 1, jadi nada yang lebih tinggi 1 dari F adalah "G".
  • 6th (LA) = lihat lagi rumus intervalnya. interval kelima adalah 1 lagi, jadi nada yang lebih tinggi 1 dari G adalah "A".
  • 7th (SI) = lihat lagi rumus intervalnya. interval keenam lagi lagi 1, jadi nada yang lebih tinggi 1 dari A adalah "B".
  • 8th (DO tinggi) = nada ke 8 ini sebenarnya nada pertama yang lebih tinggi 1 oktaf.
lihat rumus intervalnya. interval ketujuh adalah ½ , jadi nada yang lebih tinggi ½ dari B adalah "C" betul kan! balik lagi ke C (namanya juga C major scale) jadi sekarang didapat C major scale adalah C D E F G A B c

lalu sekarang mau bikin D major scale dan yang lainnya? nah…cukup ulangi langkah langkah diatas yang pasti jangan lupakan rumus intervalnya 1 - 1 - ½ - 1 - 1 - 1 - ½ , mudah bukan..?....Ingat jangan lupakan rumusnya....

Selamat Mencoba.. 


Anda Telah Membaca artikel MAJOR SCALE , Baca Juga Artikel Berikut

Kang Astrajingga - Thursday, October 18, 2012