;

Friday, October 19, 2012

DOMINANT SCALE

Friday, October 19, 2012

Yuk kita lanjutkan lagi bahasan mengenai Gitar, bukankah menyenangkan....ya tentu saja gitar adalah alat musik yang sangat menyenangkan, dia bisa menjadi teman yang sejati hehehehehe… Pernah dengar chord dominant?? WAHH!! apa lagi ini chord dominant??!! kayanya nggak ada deh, karena chord C dominant 7 biasanya ditulis dengan C7 saja, ini sebenarnya adalah chord C dominant 7. ingat!! C7 berbeda dengan Cmaj7 ataupun Cmin7. Lalu bagaimana dengan C9? C11? C13?? silahkan baca terus kebawah...





Dominant Scale

Masih ingat, membentuk major chord tentu menggunakan major scale. membentuk minor chord tentu menggunakan minor scale lalu bagaimana dengan dominant chord?? tentu saja dengan dominant scale! tapi apa itu dominant scale? seperti layaknya minor scale yang merupakan bagian dari major scale (baca section minor scale). Dominant scale juga merupakan bagian dari major scale! Dominant scale adalah major scale yang dimulai dari nada ke'5! dengan nama latin'nya "mixolydian". 7 nada itu selanjutnya juga akan dinamai dengan 1st, 2nd, 3rd, 4th, 5th, 6th, 7th atau bahasa latinnya DO RE MI FA SOL LA SI

Mengingat major scale mempunyai rumus interval: 1 - 1 - ½ - 1 - 1 - 1 - ½ , Maka interval dominant scale sama dengan interval major yang dimulai dari nada ke'lima, adalah sbb:

1 - 1 - ½ - 1 - 1 - ½ - 1

Kalau sudah tau interval dominant scale, begini caranya membentuk G dominant scale nih…
  • 1st (DO) = harus "G" dong, namanya juga mau bikin G dominant scale.
  • 2nd (RE) = nah, lihat rumus interval diatas… 1 - 1 - ½ - 1 - 1 - ½ - 1 . interval pertama adalah 1, jadi nada yang lebih tinggi 1 dari G adalah "A"!.
  • 3rd (MI) = lihat lagi rumus intervalnya. interval kedua adalah 1 , jadi nada yang lebih tinggi 1 dari A adalah "B".
  • 4th (FA) = lihat lagi rumus intervalnya. interval ketiga adalah ½, jadi nada yang lebih tinggi ½ dari B adalah "C",
  • 5th (SOL) = lihat lagi rumus intervalnya. interval keempat adalah 1 lagi, jadi nada yang lebih tinggi 1 dari C adalah "D".
  • 6th (LA) = lihat lagi rumus intervalnya. interval kelima adalah 1 , jadi nada yang lebih tinggi 1 dari D adalah "E".
  • 7th (SI) = lihat lagi rumus intervalnya. interval keenam lagi lagi ½, jadi nada yang lebih tinggi ½ dari E adalah "F".
  • 8th (DO tinggi) = nada ke 8 ini sebenarnya nada pertama yang lebih tinggi 1 oktaf.

Lihat rumus intervalnya. interval ketujuh adalah 1 , jadi nada yang lebih tinggi 1 dari F adalah "G", betul kan! balik lagi ke G (namanya juga G dominant scale) jadi sekarang didapat G dominant scale adalah G A B C D E F g

Dapat dilihat disini, bahwa semua nada pada G dominant scale sama persis dengan C major scale (baca section major scale). Wajar saja, Karena nada ke'lima dari C major scale adalah G. mengingat pernyataan bahwa dominant scale merupakan mode ke'lima dari major scale

lalu sekarang mau bikin D dominant scale? wah…cukup ulangi langkah langkah diatas yang pasti jangan lupakan rumus intervalnya 1 - 1 - ½ - 1 - 1 - ½ - 1 .

Selamat Mencoba..



Anda Telah Membaca artikel DOMINANT SCALE, Baca Juga Artikel Berikut

Kang Astrajingga - Friday, October 19, 2012

4 comments

Anonymous
8:30 PM delete

mas gan kalau untuk gitar jazz rumus scalenya gimana ya? thanks gan untuk rumus sca;e major ama minor nya.. cuma blog agan yg nerangi rumus begini..yg lain langsung buat urutan note nya..

Anonymous
4:27 AM delete

Mau sharing nih gan hehe Dasar Chord progressi jazz itu ii - V - I. Untuk scale itu sendiri yaa tergantung selera kita masing-masing hehe bisa pentatonic, mixolydian, sama diminished ( Half/Whole step atau Whole/Half step).
Ane sendiri kalau main di posisi ke 6 dari root chord pake pentatonic blues.. terus main di posisi ke 6# kalau pake diminished (sok pinter haha). Biasanya lebih dapat pake jenis chord 6, 9, 13, dominant 7.

- Sorry nih yaa gan udah sok bijak hehe

TULISAN PESAN KOMENTAR ANDA DISINI