;

Thursday, October 18, 2012

CHORDAL THEORY - Major Chord

Thursday, October 18, 2012


Kita Lanjutkan bahasan mengenai gitarnya ya...ya...mau ?? ok..ok kita lanjutkan, setelah membahas mengenai Minor Scale sekarang kita lanjutkan sama pembahasan mengenai CHORDAL THEORY - Major Chord.

Sebagai gitaris.. kita dulu pasti pernah belajar kunci kunci / chord chord buat digenjreng genjreng. maenin lagu lagu dari bon jovi sampai koes plus, asikk!! kunci C, kunci F, kunci Bm, dan sebagainya...

Dari mana sih datangnya chord chord itu?? Bagaimana sih cara membentuknya?? Begini ceritanya....hehehehehe...

Major Chord (1-3-5)

Kunci itu ada rumusnya…pada intinya, kunci itu rumusnya 1-3-5 . Maksudnya, untuk membentuk sebuah major chord, cukup ada ketiga nada tersebut dari tangga nada mayor. Untuk kunci C major… rumusnya 1-3-5 dari tangga nada C mayor, masih ingat tangga nada C mayor??
jadi kunci C itu, dibangun dari 3 nada saja.. yaitu 1st - 3rd - 5th, yang dalam hal ini… adalah nada C E dan G. Kapanpun, dimanapun, dalam bentuk apapun, ketiga nada itu bunyi… suaranya pasti kunci C mayor!

bagaimana kalau kunci D??? ya sudah… gampang… tangga nada D mayor apa? D E F# G A B C# d, jadi… 1st - 3rd - 5th dari tangga nada itu adalah D F# dan A, jadi.. kapanpun, dimanapun, dalam bentuk apapun, ketiga nada itu bunyi… suaranya pasti kunci D mayor!

Mari kita analisa, coba ambil gitar… mainkan kunci C. nada yang ada pasti hanya C E dan G . mari kita analisa lagi, mainkan kunci D. nada yang ada pasti hanya D F# dan A .

Major 7 (1-3-5-7)

Pernah melihat tulisan C major 7 ??? chord yang belakangnya ada angka 7 kayak gini nih, suaranya agak jazzy

rumus kunci major7 adalah 1-3-5-7

coba deh, sekarang kita bentuk chord C major 7 :)  perlu di'ingat, untuk major chord gunakan selalu major scale! untuk minor chord gunakan selalu minor scale! (baca section "major scale" dan section "minor scale")

oke! scale C mayor adalah C D E F G A B c, dengan rumus 1-3-5-7 berarti nadanya adalah C E G B, ini suaranya ngejazz man!!, jadi.. kapanpun, dimanapun, dalam bentuk apapun, keempat nada itu bunyi… suaranya pasti kunci Cmajor7!

CONTOH LAINNYA… bagaimana dengan Gmajor7? ya sama aja… tapi sekarang diganti menjadi scale G mayor… adalah G A B C D E F# g, dengan rumus 1-3-5-7 berarti nadanya adalah G B D F#. Jadi.. kapanpun, dimanapun, dalam bentuk apapun, keempat nada itu bunyi… suaranya pasti kunci Gmajor7!

Suspended Chord (1-2-5 / 1-4-5)

Pendahuluan dulu deh..warna dari sebuah chord, itu adalah 3rd nya. Nada ke-3 itu lah yang memberi warna pada chord tersebut. Apa jadinya kalau nada ke'3 tersebut diganti dengan tetangganya, yaitu nada ke'2 (Sus2) atau ke'4 (Sus4).. nah lho!? Dalam kasus seperti inilah dinamai suspended chord, mungkin pernah melihat chord seperti Csus2 atau Csus4? (bukan Cas Cis Cus ya...hehehehehe).

Rumus chord sus2 adalah 1-2-5
Rumus chord sus4 adalah 1-4-5

Jadi untuk chord Csus2, nada nadanya adalah C D G, dimana nada ke'3 (E) diganti dengan nada ke'2 (D). Untuk chord Csus4, nada nadanya adalah C F G, dimana nada ke'3 (E) diganti dengan nada ke'4 (F).

Augmented Chord (1-3-5#)

Augmented Chord masuk kedalam keluarga chord mayor. Chord augmented selalu mayor, walaupun kadang kadang "masuk" untuk bagian bagian yang seharusnya minor. Misalkan untuk membentuk Caug (C Augmented), kita ambil C major scale, yaitu C D E F G A B c, Dengan rumus 1-3-5# didapatkan nada nada C E G#, Kapanpun, dimanapun, dalam bentuk apapun, ketiga nada itu bunyi… suaranya pasti kunci C Augmented!

MAJOR Chord Formulas

beberapa ini adalah rumusan beberapa chord yang cukup banyak beredar dimana mana :

Major 1 3 5
Major 6 1 3 5 6
Major 6 Add 9 1 3 5 6 9
Major 7 1 3 5 7
Major 9 1 3 5 7 9
Add 9 1 3 5 9
Sus2 1 2 5
Sus4 or Sus 1 4 5
Augmented 1 3 #5 

Nah sekian dulu pembahasannya lain kali kita lanjutkan lagi pada episode selanjutnya...kalau di film film mah sering di bilang Tobe Continue....hehehehehe.

Selamat mencoba.. 


Anda Telah Membaca artikel CHORDAL THEORY - Major Chord , Baca Juga Artikel Berikut

Kang Astrajingga - Thursday, October 18, 2012

3 comments

thanks sob,ilmunya berguna bnget.
kalau ak mau tanya tanya bs dmn nih ?

TULISAN PESAN KOMENTAR ANDA DISINI