;

Thursday, October 18, 2012

MINOR SCALE

Thursday, October 18, 2012

Gitar...gitar memang mengasikan bila kita memainkannya, Gitar bisa menjadi teman kapanpun dan dimana pun, selalau menemani kita disaat sepi, gundah dll,  tapi bagai mana bila kita tidak bisa memainkannya ?. jangan kuatir banyak cara untuk kita bisa mempelajari cara bermain gitar dengan cepat yaitu anda bisa membeli buku, browsing di internet pakai mbah google dll. nah salah satunya disini juga ada postingan untuk gitar, silahkan anda liat postingan dibawah ini.


Secara garis besar, ada 12 nada yang dapat kita gunakan dalam bermusik. Dan antara setiap nada tersebut mempunyai jarak masing masing yang disebut dengan interval. Berikut ini adalah ke 12 nada tersebut, lengkap dengan intervalnya.

Minor Scale

Minor scale atau tangga nada minor juga 7 nada, merupakan bagian dari major scale (baca section major scale). Minor scale merupakan mode ke'enam dari major scale, atau bahasa yang lebih mudahnya, Minor scale adalah major scale yang dimulai dari nada keenam !, 7 nada itu selanjutnya juga akan dinamai dengan 1st, 2nd, 3rd, 4th, 5th, 6th, 7th atau bahasa latinnya DO RE MI FA SOL LA SI.


Mengingat major scale mempunyai rumus interval: 1 - 1 - ½ - 1 - 1 - 1 - ½ . Maka interval minor scale sama dengan interval major, dimulai dari nada ke'enam, adalah sbb :



1 - ½ - 1 - 1 - ½ - 1 - 1 



Kalau sudah tau interval minor, begini caranya membentuk A minor scale nih… 

  • 1st (DO) = harus "A" dong, namanya juga mau bikin A minor scale
  • 2nd (RE) = nah, lihat rumus interval diatas… 1 - ½ - 1 - 1 - ½ - 1 - 1 . interval pertama adalah 1, jadi nada yang lebih tinggi 1 dari A adalah "B"!
  • 3rd (MI) = lihat lagi rumus intervalnya. interval kedua adalah ½ , jadi nada yang lebih tinggi ½ dari B adalah "C"
  • 4th (FA) = lihat lagi rumus intervalnya. interval ketiga adalah 1, jadi nada yang lebih tinggi 1 dari C adalah "D"
  • 5th (SOL) = lihat lagi rumus intervalnya. interval keempat adalah 1 lagi, jadi nada yang lebih tinggi 1 dari D adalah "E"
  • 6th (LA) = lihat lagi rumus intervalnya. interval kelima adalah ½ , jadi nada yang lebih tinggi ½ dari E adalah "F"
  • 7th (SI) = lihat lagi rumus intervalnya. interval keenam lagi lagi 1, jadi nada yang lebih tinggi 1 dari F adalah "G"
  • 8th (DO tinggi) = nada ke 8 ini sebenarnya nada pertama yang lebih tinggi 1 oktaf.

Lihat rumus intervalnya, interval ketujuh adalah 1, jadi nada yang lebih tinggi 1 dari G adalah "A" betul kan! balik lagi ke A (namanya juga A minor scale) jadi sekarang didapat A minor scale adalah A B C D E F G a




Dapat dilihat disini, bahwa semua nada pada A minor scale sama persis dengan C major scale (baca section major scale) Wajar saja, Karena nada ke'enam dari C major scale adalah A. mengingat pernyataan bahwa minor scale merupakan mode ke'enam dari major scale.


Lalu sekarang mau bikin G minor scale ? wah…cukup ulangi langkah langkah diatas yang pasti jangan lupakan rumus intervalnya 1 - ½ - 1 - 1 - ½ - 1 - 1. heheheh...bermain gitar itu memang asiiik..


Selamat Mencoba.. 


Anda Telah Membaca artikel MINOR SCALE , Baca Juga Artikel Berikut

Kang Astrajingga - Thursday, October 18, 2012

TULISAN PESAN KOMENTAR ANDA DISINI