;

Friday, October 19, 2012

Minor Chord Chordal Theory

Friday, October 19, 2012

Setelah mempelajari tahapan tahapan dari bermain gitar yaitu Belajar Baca not Balok, Major Scale, "Minor Scale dan CHORDAL THEORY - Major Chord", sekarang kita lanjutkan untuk memahami "Minor Chord Chordal Theory". Bagaimana....anda siap....silahkan anda ambil gitarnya dan......jreeeng....

A. Minor Chord

Seperti halnya rumus chord minor adalah (1,3,5,) seperti halnya chord major. Hanya memiliki perbeda, minor scale terdapat pada minor chord sedangkan major scale terdapat pada minor scale. Jadi untuk sebuah chord Am (A minor), dalam rumus 1,3,5 tersebut bisa digunakan pada A minor scale.


Jadi pada kunci Am itu, dibangun dari 3 nada saja yaitu 1st - 3rd - 5th, yang dalam hal ini adalah nada:  A C dan E. Kapanpun, dimanapun, dalam bentuk apapun, ketiga nada itu bunyi suaranya pasti kunci A minor.

Kunci C minor seperti apakah?
Begini caranya, ambil tangga nada C minor scale, yaitu C D Eb F G Ab Bb, jadi 1st - 3rd - 5th dari tangga nada itu adalah C Eb dan G, jadi apapun, dalam kondisi apapun, ketiga nada itu bunyi suaranya pasti kunci C minor.

Coba kita lihat perbedaan dari C major chord (liat postingan major chord) dengan C minor chord
Walaupun menggunakan rumus yang sama 1-3-5, akan tetapi karena diterapkan pada scale yang berbeda, dapat menghasilkan nada yang berbeda juga. C mayor chord memiliki nada C E G (liat postingan major chord) C minor chord mempunyai nada C Eb G, Ternyata perbedaannya hanya di nada ketiga saja. Jadi kesimpulannya, dari C mayor ke C minor, cukup merubah 1 nada saja, yaitu nada ke 3. Begitu juga untuk sebaliknya.

B. Minor 7 (1-3-5-7)

Anda mungkin pernah melihat tulisan C minor 7 ? Nah chord yang belakangnya ada angka 7 seperti ini, biasanya suaranya agak ngejazz.

untuk rumus kunci minor7 adalah 1-3-5-7

Coba sekarang kita bentuk chord C minor 7
perlu diingat, untuk major chord gunakan selalu major scale dan untuk minor chord gunakan selalu minor scale (liat postingan "major scale" dan "minor scale")

Baiklah scale C minor adalah C D Eb F G Ab Bb c, dengan rumus 1-3-5-7 berarti nadanya adalah C Eb G Bb, jadi apapun, dalam kondisi apapun, keempat nada itu bunyi suaranya pasti kunci Cminor7.

Contoh yang lainnya, bagaimana dengan Gminor7 ?
Tidak ada perbedaan sama aja, akan tapi sekarang diganti menjadi scale G minor, adalah G A Bb C D Eb F g, dengan rumusan 1-3-5-7 berarti untuk nadanya adalah G Bb D F. Jadi  apapun, dalam kondisi apapun, keempat nada itu bunyi suaranya pasti kunci Gminor7.

C. Diminished Chord (1-3-5b)

Yang termasuk kedalam keluarga chord minor adalah diminished Chord. Chord diminished tidak pernah mayor tp selalu minor, contohnya coba ambil A minor scale untuk membentuk Adim (A diminished) yaitu A B C D E F G a, Akan menghasilkan kunci A diminished dalam kondisi apapun ketiga nada teersebut dengan menggunakan rumus 1-3-5b.

D. MINOR Chord Formulas

Cukup banyak rumus chord yang beredar seperti contohnya yang ada dibawah ini dibawah ini :

  • Diminished 7 1 3 b5 #7
  • Diminished 1 3 b5
  • Minor 7 b5 1 3 5b 7
  • Minor 7 1 3 5 7
  • Minor 6 1 3 5 6
  • Minor 1 3 5
Bagaimana mudah bukan...... ? jangan mudah menyerah....coba lagi dan coba lagi....

Selamat mencoba..


Anda Telah Membaca artikel Minor Chord Chordal Theory, Baca Juga Artikel Berikut

Kang Astrajingga - Friday, October 19, 2012